Cara Mengatur Tag Heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 Di Blogspot Dan Web | TABLOID PULSA News

Breaking

Minggu, 28 Juli 2019

Cara Mengatur Tag Heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 Di Blogspot Dan Web

Cara Mengatur Tag Heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 Di Blogspot Dan Web

Cara Mengatur Tag Heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 di Blogspot dan Web. Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas wacana SEO di blog ini, kalau pun ada, itu hanya selingan semata, oleh akibatnya saya tidak memasukkan post ini ke dalam kategori SEO akan tetapi tetap tutorial blogger, namun untuk beberapa post ke depan saya ingin sedikit membahas sekelumit wacana SEO yaitu abreviasi dari Search Engine Optimization. Dan di kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit wacana pengaturan Heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 pada blog dan website, dengan begitu besar impian saya bagi teman blogger yang belum tahu wacana heading ini jadi tahu sesudah membaca post ini, dan ternyata heading itu termasuk bab penting dalam dunia blogging dan SEO lho teman semua. Oh iya, post ini juga sekalian menjadi balasan bagi para teman blogger yang telah mengirim email ke saya dan bertanya wacana tag Heading di blog (sebelumnya saya minta maaf alasannya yakni belum sempat saya balas satu per satu), semoga bermanfaat.

Ada baiknya teman baca juga post wacana cara Mengganti Judul Blog Menjadi Judul Postingan sobat, alasannya yakni kita akan membahas wacana tag heading yang tidak terlepas dari meningkatkan secara optimal fungsi judul blog dan post di blogspot. Selamat membaca sob

 Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas wacana SEO di blog ini Cara Mengatur Tag Heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di Blogspot dan Web


Owh iya, sebelum masuk ke pembahasan inti. Perlu kita ketahui bahwa heading di web itu berfungsi sebagai penanda atau penunjuk bagi robot / bot Google ketika berada di web atau blog kita sehingga dia tahu bab mana saja yang harus diprioritaskan terlebih dahulu untuk di-read, di-crawl, dan di-index oleh google search engine. Dengan kata lain, menyerupai yang telah saya utarakan di paragraf pertama bahwa pengaturan heading juga termasuk taktik dasar dan fital dalam dunia SEO. Pasalnya kita harus menentukan dan menentukan dengan benar mana yang harus dibaca oleh google dan mana yang tidak perlu dibaca oleh google sama sekali, dan disini google sanggup mulai menilai wacana kualitas blog kita, jikalau berkualitas google akan suka pada blog kita dan akan kerap tampil di halaman awal pencarian. Selain itu, tidak hanya duduk kasus pembacaan oleh bot search engine, akan tetapi dalam proses load pun ternyata heading sangat kuat dan berperan penting; artinya, suatu kata atau widget yang ditandai tag heading paling atas akan dibaca lebih awal, contoh; suatu kalimat yang ditandai tag H1 akan diload terlebih dahulu oleh browser web kita dibandingkan tag heading lainnya, sesudah itu gres proses load diikuti oleh heading-heading lainnya menyerupai H2, H3, H4, H5, dan H6.

Agar tidak menjadikan kesalah pahaman antara kita (hahah, bahasanya aneh, maaf ya), maka akan saya sajikan sedikit teladan susunan Heading, sehingga dengan adanya teladan ini teman semua akan sanggup memahminya dengan gampang dan tidak gampang lupa wacana susunan prioritasnya

<h1>bumi</h1>
<h2>asia</h2>
<h3>indonesia</h3>
<h4>NTB</h4>
<h5>Bima</h5>
<h6>Tambe (desa saya, haha)</h6>

Di atas itu hanyalah contoh, namun dalam praktek ketika kita menggunakannya di dalam web kita tidaklah persis menyerupai teladan di atas, berikut poin-poin penting wacana heading di blogspot dan web:


  • Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, bahwa H1 menjadi urutan paling penting, itu gres heading lainnya menyerupai H2 hingga H6.
  • Disetiap halaman web kita (halaman post atau halaman home, hingga halaman statik menyerupai page) wajib ada satu tag H1 (ingat ya sob, hanya boleh ada satu tag H1, dan nggak boleh lebih), dan untuk tag H2 dan H3 maksimal sebanyak 8 di setiap halaman web kita, kemudian untuk tag heading H4 hingga H6 boleh lebih dari 8 buah.
  • Semua heading yang telah kita tandai haruslah mengandung keyword atau kata kunci yang berkaitan dengan halaman tersebut (ini untuk menjaga kualitas konten web kita di setiap halamannya, berdasarkan google menyerupai itu. jikalau tidak mengandung kata kunci keyword yang berkaitan dengan halaman tersebut, maka sia-sia); anggaplah saja kita sedang membahas wacana bola di halaman tersebut, maka H1 nya yakni bola itu sendiri, kemudian H2 nya harus mengandung kata kunci yang berkaitan dengan kata tersebut, contoh; bola sepak. dan begitu juga dengan tag heading lainnya.
  • H1 dipakai untuk judul blog kita di homepage dan dipakai sebagai judul post kita di halaman postingan kita (dan harus kita atur di halaman edit template yang akan saya bahas di post ini nanti, silahkan dibaca dulu hingga selesai sob), kemudian H2 dipakai untuk sub judul di post kita dan sanggup kita atur manual tanpa harus edit instruksi template blog kita, dan selanjutnya H3 biasanya dipakai untuk judul widget atau pernak-pernik blog kita, dan diikuti oleh H4 dan seterusnya yang biasanya dipakai untuk menandai widget bab footer (bawah) blog atau website kita. Dengan ulasan di poin terakhir ini sudah terlihat terang bahwa berikut susunan prioritas di suatu blog/website; judul blog, judul postingan (artikel), judul widget, dan judul widget lainnya (yang berada di footer).


Sedikit rincian secara luas wacana penggunaan heading di blogspot:

Cara menggunakannya cukup dengan cara mengapit atau menjepit suatu kata atau judul dengan tag heading yang kita inginkan, misalnya menyerupai berikut ini

<h1>Kata yang diinginkan</h1>

dan cara di atas berlaku juga untuk tag heading lainnya. berikut rincian tag heading biar teman tidak salah dalam menerapkan heading di setiap bab yang diinginkan:


  • H1 harus jadi tag heading nama/judul blog kita, dan ketika berada di halaman post juga H1 sanggup jadi tag heading untuk judul post kita
  • H2 sebaiknya dipakai sebagai tag heading untuk judul post artikel kita ketika berada di homepage (biasanya di homepage akan muncul banyak judul post), dan dijadikan sebagi tag heading sub judul ketika berada di halaman postingan kita
  • H3 sebaiknya dipakai untuk tag heading nama widget kita
  • H4 dipakai untuk beberapa widget lainnya termasuk untuk jumlah komentar di blog kita
  • lalu H5 biasanya dipakai untuk pertolongan tag heading pada nama komentator yang berada di blog kita
  • H6 biasanya dipakai untuk menawarkan tag heading di widget bab footer (bawah) blog, contoh: link powered by blogger atau link si pembuat template blog (credit link).


Dengan sedikit rincian di atas kini saya yakin teman semua sudah mempunyai bayangan wacana aturan-aturan mengenai heading tag di web maupun blog blogspot. Sekarang lah saatnya kita beraksi! eksklusif praktek sob!

Cara Mengubah Judul Post Artikel Kaprikornus H1


Seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk judul blog sudah menjadi bawaannya berbentuk H1 (default), jadi tidak perlu diubah-ubah lagi. Yang perlu kita ubah kini ada tag heading pada halaman post blog kita, bukan tag heading post di halaman homepage yang sudah otomatis H2, dan berdasarkan saya tidak perlu diubah lagi, berikut langkah-langkahnya:


  • Login ke blogger menyerupai biasanya
  • Lalu cari instruksi tag ini <h2 class='entry-title'><data:post.title/></h2> (gunakan Ctrl+F, agak cepat ketemu)
  • lalu ganti instruksi tersebut dengan instruksi ini <h1 class='entry-title'><data:post.title/></h1>
  • klik simpan template!
  • Selesai


kemudian selanjutnya adalah

Cara Menggunakan tag Heading H2 dalam Postingan


Tag heading H2 dalam postingan di pasang pada sub judul post kita, tujuannya yakni untuk menekankan bahwa itu yakni bab penting yang menjadi anak dari judul utama post kita dan masih mempunyai hubungan erat, dengan kata lain tag H2 dipakai pada sub judul post. berikut contohnya:

ini yakni judul
ini yakni paragraf pertama yang berisi deskripsi dan basa-basi wacana judul post kita beserta rincian wacana judul yang kita gunakan; alasan mengapa kita memakai judul tersebut dan pengantar wacana judul tersebut.
<h2>ini yakni sub judul</h2>
disini isi rincian dari sub judul di atas

nah, dari teladan di atas kita eksklusif tahu bahwa untuk memakai H2 dalam post kita tinggal kita apit atau jepit saja kata-kata yang ingin kita jadikan sebagai sub judul dengan instruksi tag html <h2>sub judul</h2> (catatan: jangan lupa! kata-kata dalam H2 harus mengandung keyword yang berada di judul post atau H1)

Ada cara lain dan relatif lebih gampang untuk menerapkan H2 dalam post kita yaitu dengan memakai tool heading bawaan blogger, berikut caranya:


  • login ke blogspot menyerupai biasanya
  • lalu menuju ke halaman pembuatan post (create post)
  • lalu tulis apa saja dalam mode "compose" bukan "HTML"

 Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas wacana SEO di blog ini Cara Mengatur Tag Heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di Blogspot dan Web


  • Blok dengan mouse teman kata-kata yang ingin dipasang H2

 Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas wacana SEO di blog ini Cara Mengatur Tag Heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di Blogspot dan Web


  • Seperti yang terlihat di gambar di atas, sesudah memblok kata-kata yang ingin dijadikan sub judul, kemudian klik tool "Normal" dan pilih Heading untuk menerapkan H2 pada kata-kata tersebut.
  • Jika kita lihat di mode "HTML", maka kata-kata yang barusan kita terapkan H2 menjadi menyerupai berikut ini:

 Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas wacana SEO di blog ini Cara Mengatur Tag Heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di Blogspot dan Web


  • Selesai, post siap dipublish!


Selanjutnya cara menerapkan H3 pada judul widget blog..

Cara Mengubah H2 Menjadi H3 pada judul Widget Blogspot


Pada dasarnya, semua judul widget blogspot yang berada di blog kita secara default atau bawaan aslinya memakai tag heading H2, dan secara SEO ini kurang bagus. Maka dari itu kita harus mengubahnya menjadi H3 secara manual sob, berikut caranya:


  • Login ke blogspot (saya anggap teman sudah login, dari tadi suruh login terus sih. haha)
  • Lalu menuju sajian "Template"
  • Lalu klik "Edit HTML"
  • Cari semua widget yang ada, dengan begitu kita akan eksklusif mengubah tag heading H2 pada judul widget menjadi H3.
  • Cara gampang dan praktisnya yaitu dengan cara klik id widget melalui fitur "Jump to Widget" yang berada di edit html kita, menyerupai berikut:

 Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas wacana SEO di blog ini Cara Mengatur Tag Heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di Blogspot dan Web


  • Lalu klik semua id widget yang ada, kecuali id Blog1 (ini yakni id layout blog kita, walau termasuk widget tapi ini bukan widget biasa)
  • Silahkan lihat di gambar berikut ini, saya akan menentukan id widget dengan nama HTML1 yang berada di blog saya:

 Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas wacana SEO di blog ini Cara Mengatur Tag Heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di Blogspot dan Web


  • maka berikut instruksi HTML1 tersebut

 Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas wacana SEO di blog ini Cara Mengatur Tag Heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di Blogspot dan Web


  • seperti gambar di atas, yang saya tandai dengan kotak warna merah yakni instruksi ringkasan untuk widget dengan id HTML1. Untuk mulai mengedit tag heading pada judul widget-nya teman harus mengklik pada bab yang telah saya tandai dengan segitiga hijau, maka instruksi yang akan muncul yakni menyerupai ini (ini instruksi di template saya sob, kurang lebih instruksi di template teman juga mirip):

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='Admin' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != ""'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
</b:includable>
</b:widget>

  • Nah, pada bab yang telah saya beri tanda merah itu (lihat instruksi di atas) harus di ubah menjadi h3, sehingga kodenya menjadi menyerupai berikut ini:

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='Admin' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != ""'>
<h3 class='title'><data:title/></h3>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
</b:includable>
</b:widget>

  • Gampangkan? yap, selesai! jangan lupa klik Save Template atau simpan template biar hasil editing template nya kesimpan semua sob.


Dengan memakai Cara Tips Trik di atas maka teman telah mempunyai struktur tag Heading yang benar dan baik di blog dan website sobat, baik untuk siapa? Baik untuk teman semua dan baik di mata search engine (Google, Yahoo, Bing, dan kawan-kawan). Dengan demikian, semoga blog dan website kita sanggup diindex oleh search engine dengan baik dan harapannya sanggup nongol di halaman-halaman awal hasil pencarian google-dkk sehingga peluang mendapat trafik / kunjungan dari orang-orang di seluruh dunia semakin besar, dan tentunya sanggup trafik melimpah itu banyak untungnya lho sob.

Sekian dulu post wacana cara mengatur tag heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di blog blogspot. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagi-bagi warta ini ke sobat-sobat blogger lainnya. Terima kasih

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact