Bagaimana Cara Kerja Seo Modern Dan Google Terbaru? | TABLOID PULSA News

Breaking

Jumat, 07 Juni 2019

Bagaimana Cara Kerja Seo Modern Dan Google Terbaru?

Bagaimana Cara Kerja Seo Modern Dan Google Terbaru?

Fakta SEO Era Modern Yang Harus Diketahui. Sekarang mesin pencarian terutama google sudah semakin jenius saja. walau setiap website menyediakan konten dengan tema yang hampir sama, namun google sudah bisa menentukan mana yang terbaik dan paling relevan dengan kata kunci yang diajukan oleh para pencari. sama-sama memakai bahasa Indonesia, namun web yang satunya memakai bahasa yang user friendly alias gampang dipahami dan luwes, maka beliau yang menjadi nomor satu. kalau dulu google masih bisa diakali dengan memakai banyak sekali teknik curang yang kini justru sudah menjadi mitos dan sama sekali tidak efektif lagi untuk tips seo modern. terima kasih google, kini kau semakin bisa mengenal siapa yang menulis untuk insan dan siapa yang menulis untuk bot.

Fakta SEO Era Modern Yang Harus Diketahui Bagaimana Cara Kerja SEO Modern dan Google Terbaru?


Oh iya, kini teknik SEO sudah hampir tidak ada lagi yang lain selain fokus pada isi blog yang sering kita sebut dengan konten. Makara ya rahasia SEO Terbaru 2016 yang alami, ampuh, dan mematikan itu ialah terus menulis konten / artikel yang banyak membantu para insan dan bukan hanya menulis untuk bot, percaya lah sob semua cara curang terdahulu sudah tidak mempan lagi dan hanya sia-sia kalau teman masih mempraktekkannya hingga sekarang.

Kita anggap lah teknik lama sudah menjadi mitos belaka alasannya ialah yang namanya mitos itu tidak hanya di dunia aktual sob, dalam dunia blog dan website building pun terdapat banyak mitos yang sering menghalangi para newbie untuk berkembang secara alami dengan baik dikarenakan banyak syarat dan ritual khusus untuk memperoleh berton-ton pengunjung. Beberapa mitos dalam traffic building pun masih banyak yang percaya pada tahun 2016 ini, seperti; menciptakan blog dummy, menanam link, submit blog di website directory, penggunaan meta tag, pengaturan tag heading h1 h2 yang terlalu muluk, pengaturan robot txt, dsb.

Saya akan membahas secara mendetail di post ini untuk poin-poin teknik web traffic building yang saya sebutkan di atas dan yang sayangnya kini sudah menjadi mitos dikarenakan google mempunyai algoritma khusus yang fokus kepada kualitas konten. Semakin alami dan banyak yang menyukai konten suatu blog maka akan semakin cantik pula posisi beliau di serp google, atau minimal beliau akan tetap terus bertahan di page one (halaman pertama google). Berikut ulasan saya perihal poin-poin di atas:


Membuat Blog Dummy

Tujuan menciptakan blog dummy tidak lain hanya lah biar blog utama mendapat back link, dimana teknik ini hingga era 2012 masih bisa dikatakan ampuh. Namun seiring berkembangnya algoritma google, maka teknik menyerupai itu dianggap illegal oleh google yang kemudian web para pelakon akan dikategorikan sebagai web spam. Tidak kehabisan budi pula para link builder ini, di final 2013 mereka memunculkan tips khusus dimana masih memakai trik blog dummy, namun kali ini diatur biar kelihatan senatural mungkin dan google percaya bahwa link yang ditanam di blog dummy memang back link alami. Akhirnya mereka menunaikan hasilnya, ya betul trafiknya meningkat, namun jumlah trafik yang diterima tidak seimbang dengan waktu serta tenaga yang telah dikorbankan untuk membuatkan blog dummy, sia-sia sekali bukan? Saya tidak sedang membicarakan pihak tertentu, alasannya ialah saya pun dikala itu masih menjadi salah satu penganut atau minimal percaya dengan mitos ini.

Mengapa dikategorikan sebagai trik mitos padahal bisa mendatangkan trafik? Itu alasannya ialah hubungannya dengan long term traffic dan grafik pertumbuhan back link yang seharusnya terlihat alami. Secara logika, hingga kapan kita akan terus memantau perkembangan blog dummy kita? Dan hingga kapan kita mau terus menambahkan jumlah back link alami dengan cara menambah jumlah blog dummy? Pasti ada titik jenuhnya, dimana teman akan mulai surut pada tahap ini dan grafik yang diterima bot google pun sudah mulai menjadi modal untuk melabeli blog teman sebagai blog yang pertumbuhannya kurang alami dan berimbas kepada kualitas peng-index-an di serp google.

Dan coba kini bandingkan dengan algoritma google terbaru yang fokus pada konten dan popularitas di media sosial. Pertama, kita gres saja menciptakan blog. Lalu selanjutnya kita hanya fokus menulis artikel yang bermanfaat dan banyak yang menyukainya. Pada tahap ini, jumlah artikel disharing ke web sosial media pun ikut meningkat. Artinya, jumlah pengunjung / trafik yang akan diperoleh blog tadi terus bertambah, jumlah orang yang membagikannya di sosial media pun terus bertambah, yang pada hasilnya menjadi konten yang viral sob! Pada tahap ini jumlah back link mulai tumbuh secara alami, tiba dari orang-orang yang rela memperlihatkan back link atas dasar suka, cinta, sayang, ikhlas, tulus, dan terpikat secara alami terhadap konten yang luar biasa tadi. Makara dimana titik jenuhnya? Tidak ada! dan ini lah yang dinilai dan dikatakan oleh google sebagai link building yang alami yang terus berimbas ke kualitas posisi di mesin pencarian google.

Yang namanya alami tidak bisa dibuat-buat! itu yang perlu kita catat. Sobat sudah berusaha keras membangun sesuatu yang palsu biar terlihat alami, maka hasilnya tidak lah abadi, hanya untuk sesaat. Google sudah mulai menerapkan algoritma yang sistem logikanya semakin alami dan bahkan semakin mendekati nalar manusia. Jujur saja, saya sebagai seorang penggemar google sangat berharap semakin ke depannya google benar-benar bisa memahami perasaan insan walau kini sudah mulai memperlihatkan gejala menyerupai itu. Saya yakin, bukan saya satu-satunya fans google yang menginginkan hal itu menjadi kenyataan, niscaya teman juga mempunyai impian dan keinginan menyerupai saya. Oleh karenanya jangan lah kita memperlakukan google itu sebagai sosok yang yang gampang dibodohi dan tidak bisa berkembang dengan cara kita mencuranginya, justru kita yang rugi. Selanjutnya yang berbahaya ialah ketika ada efek nagatif internal yang terjadi dalam diri kita sendiri atas perlakukan kita terhadap google. Ketika google sudah benar-benar menyerupai manusia, namun kita sama sekali tidak siap untuk bisa memenuhi tuntutan untuk menjadi sosok yang berkualitas di mata google alasannya ialah kita sudah terbiasa dengan cara dan teknik instan hanya untuk hasil sesaat.


Menanam Link

Hampir sama dengan teknik link building memakai blog dummy di atas. Hanya saja, sejauh pemahaman saya pribadi teknik menanam link ini ialah teknik yang kini sudah dilabeli dan sering disinggung oleh google sebagai teknik spam yang hanya dilakukan oleh para blogger atau webmaster yang dalam praktek dunia aktual sama persis menyerupai pihak yang ingin menjadi orang penting dan populer melalui jalan pintas dengan cara menitip rekomendasi kepada pihak-pihak tertentu, ini menyerupai mirip penyogokan atau menyerupai agresi mengambil hati pihak tertentu guna bisa tampil menjadi yang terhebat dan ingin mengambil perhatian, yang tentunya lagi-lagi cara ini sama sekali tidak alami, hanya terjadi ketika pihak tersebut ada maunya.

Siapapun kita secara nalar akan memasukkan agresi menyerupai ini sebagai agresi yang tidak terpuji, dan tentu google akan memperlihatkan evaluasi yang sama. Mana mau google menentukan web yang sudah dilabeli tidak terpuji muncul di halamannya, apalagi kalau harus ditampilkan di halaman pertama? Jika memang ada web atau blog yang menyerupai itu muncul di halaman pertama, tetap lah yakin! itu hanya sesaat.

Tidak alami! ini yang menciptakan google sangat benci. Sistem menanam link, sama menyerupai sistem kampanye musiman, hanya alasannya ialah ada maunya! Sedikit orang yang benar-benar kenal dengan tokoh yang ada di dalam banner kampanye! ya alasannya ialah mereka muncul hanya alasannya ialah ada maunya. Sama dengan kasus penanaman link di web-web sasaran yang dilakukan oleh para spammer. Web sasaran tidak mengenal mereka, dan mereka para spammer pun masa kurang berakal mau mengenal siapa yang punya web. Google dengan algoritma canggihnya bisa menilai ini semua, walau intinya teman menanam link di web se-niche dengan blog atau web sobat, tetap saja terdeteksi bahwa penanaman link tidak dilakukan dengan alami alasannya ialah google mempunyai sistem evaluasi khusus yang melibatkan sifat-sifat serta kebiasaan para pengguna internet. Ini semua masuk akal, mengingat algoritma google dari waktu ke waktu semakin luar biasa canggihnya. Sedikit nalar sederhana, masa iya link yang tertanam secara alami lebih dari 80% berasal dari kotak komentar? Jika memang benar-benar alami, setidaknya sebagian besar link kita akan tertanam di bab istimewa di web si pemilik web se-niche kita. Tempat istimewa yang saya maksud ialah seperti; sidebar, header, atau bahkan dalam post maupun page blog. Apakah google benar-benar bisa menganilisis hingga sejauh itu? Itu bukan lah dilema besar bagi google, google ialah perusahaan ternama di bidang IT dan didukung dengan perkembangannya yang luar biasa yang sudah menjadi diam-diam umum. Jika teman masih ragu dikarenakan dengan pengetahuan teman kini yang mungkin dikarenakan imbas hasil bacaan dari goresan pena pihak tertentu, maka dalam hal ini saya hanya bisa menyarankan biar teman harus lebih sering-sering main ke web atau blog official google untuk memperoleh informasi yang akurat dan berkualitas pribadi dari sumber dan para pakarnya.

Silahkan dibandingkan dengan proses penanaman link secara alami menyerupai ilustrasi berikut; Blog teman banyak yang menyukainya alasannya ialah sering menyajikan konten goresan pena yang bermanfaat bagi banyak orang. Akhirnya banyak orang yang membagikan konten teman ke situs sosial media bahkan dengan rela mereka menanam link teman ke blog dan website mereka, tidak nanggung-nanggung, mereka menanam link teman pribadi di sidebar bahkan header blog mereka, dan bahkan mungkin dipasang secara dofollow, luar biasa!. Nah, alur insiden menyerupai ini lah yang kini dinamakan penanaman link alami. Yang artinya teman dikenal baik dan disayang oleh banyak orang dikarenakan konten goresan pena yang disajikan banyak yang bermanfaat. Orang yang sudah dikenal baik dan sudah memberi banyak bantuan yang bermanfaat, maka tidak perlu kampanye dan menyogok sana kemari hanya untuk menjadi orang yang mempunyai posisi yang tinggi. Secara alami atas rekomendasi dari orang-orang yang sudah mencicipi kebaikannya, maka beliau akan menempati posisi yang semestinya dan yang terbaik. Google juga menerapkan sistem yang sama, dan dari sini kita mulai paham bahwa algoritma yang dipakai oleh google bukan lagi algoritma buta yang hanya bisa dipahami oleh bot, namun kalau saya bilang algoritma manusiawi yang bahkan dalam benak saya pernah berpikir, suatu dikala google tidak lagi terlalu peduli dengan apa yang dimaksud oleh bot serta kode-kode tertentu (sehingga sangat sulit untuk dicurangi) alasannya ialah memang benar-benar sudah menyerupai manusia, dan ini lah yang dinamakan kemajuan dan semakin canggih.

Oh ya, sebagai catatan; kita sebagai para blogger dan webmaster tentu sudah tahu apa itu bahasa pemrograman web menyerupai HTML, CSS, JavaScript, dsb. Bagi yang benar-benar menguasai bahasa-bahasa tersebut jangan sombong dulu dan bagi yang sama sekali belum bisa jangan buru-buru berkecil hati! Karena teman tahu? Bahasa Pemrograman menyerupai yang barusan saya sebutkan ialah bahasa primitif. Komputer dan Internet belum bisa memahami pribadi maksud dari apa yang kita inginkan dan apa yang kita pikirkan, oleh karenanya untuk bisa berkomunikasi dengan insan maka komputer diajak berkomunikasi dengan bahasa simbol menyerupai html, css, js, dkk. Puncak dari sebuah teknologi komputer dan internet ialah ketika sistem komputer dan internet mulai mengabaikan hal-hal yang bersifat primitif menyerupai simbol-simbol yang telah saya sebutkan dan pribadi menuju ke tingkat pemahaman terhadap maksud dan pikiran yang disampaikan oleh insan (saya menyampaikan sistem komputer mengabaikan, maka tidak berarti sistem komputer tidak memahaminya, hanya saja untuk kini dan terus untuk masa mendatang sistem komputer mulai bisa memahami mana yang harus lebih diprioritaskan terlebih dahulu, dan sistem ini terus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu). Ini semua mempunyai kaitan erat mengapa google kini mulai menyukai sesuatu yang bersifat alami; alasannya ialah google sudah mulai memahami maksud dan apa yang dipikirkan oleh manusia. Manusia menciptakan website untuk manusia, google sebagian besar memperoleh penghasilan dari iklan yang dilakukan oleh insan yang beriklan untuk memperoleh perhatian dari insan dan bukan bot. Makara alasannya ialah semuanya perihal manusia, hampir tidak ada alasan lagi untuk terus bertanya dan mengeluh perihal kebijakan serta perkembangan algoritma google terbaru. Semuanya bermetamorfosis lebih canggih alasannya ialah tuntutan zaman!

Sobat kini akan mulai tersenyum, tidak perlu lagi disibukkan oleh kegiatan semacam menanam link secara illegal dan tidak alami. Cukup lakukan semuanya menyerupai air yang mengalir, dan siap kebanjiran oleh link cinta dari para pengunjungmu.


Submit Link di Website Directory

Di tahun 2009 yaitu masa-masa awal saya berguru mengoptimasi blog, baik dari sisi penampilan maupun dari sisi trafik. Saat itu salah satu teknik dalam mendatangkan banyak trafik pengunjung blog yaitu dengan cara mendaftarkan blog kita di banyak sekali macam web directory ternama. Saat itu terbilang teknik ini merupakan teknik yang sangat ampuh, kita akan mendapat banyak pengunjung aksesori selain dari google, yahoo, dan bing. Namun alasan mengapa submit blog ke web directory kini menjadi teknik lama dan merupakan hanya mitos belaka untuk memperbaiki seo blog dan web dikarenakan pengaruhnya sangat sedikit sekali. Tanya kenapa? Maklum sekali sob, alasannya ialah kini orang-orang lebih banyak yang nongkrong dan berkumpul di website sosial media terutama facebook. Bahkan para webmaster pun kini banyak yang meninggalkan web-web directory untuk berhijrah ke facebook dan twitter demi menjaring perhatian orang banyak guna menghasilkan banyak trafik pengunjung dan menghasilkan banyak profit pula. Makara masuk budi sekali bukan kalau teknik ini kini sudah menjadi mitos belaka? Jika teman tidak percaya, teman bisa buktikan sendiri. Silahkan submit blog teman ke web-web directory (silahkan googling untuk memperoleh informasi mengenai web-web directory). Di sana sepi sekali, sesekali terasa sangat menyeramkan dan angker.

Sudah lama kemudian bagaimana solusinya? Solusinya ialah kita harus beralih ke website sosial media menyerupai yang telah saya sebutkan tadi itu. Pasang link teman di akun facebook, twitter, instagram, youtube, dan lain sebagainya. Dan juga jangan lupa untuk menciptakan page di facebook, ambil code html javascript nya untuk dipasang (embed) ke blog dan website sobat. Semakin banyak yang like, maka semakin banyak pula peluang teman memperoleh jumlah pengunjung blog nantinya. Cara kerja ini sama persis menyerupai yang diberlakukan oleh web-web directory di masa lalu. Kita daftar di web-web tersebut dan diwajibkan untuk memasang / menanam link atau banner mereka. Posisi kita akan semakin naik ke atas setiap kali jumlah orang yang klik banner mereka yang ada di blog kita terus bertambah, artinya peluang kita memperoleh kunjungan balik dari web-web directory tersebut akan semakin besar kemungkinannya alasannya ialah posisi web atau blog kita di web directory itu semakin naik, naik, dan naik. Perasaan yang paling menyenangkan ialah ketika blog kita berhasil masuk top ten di web directory tersebut, apa lagi kalau bisa tembus top three. Namun itu ialah dulu, ketika web directory banyak dikerubungi oleh para blogger dan para webmaster. Jika web-web directory bisa mendongkrak jumlah pengunjung dengan cara sistem hitungan kunjungan satu arah dan sistem feedback, maka situs sosial media bisa memperlihatkan kita kunjungan dikarenakan oleh banyak hal; hasil sharing dari orang lain, hasil sharing kita di group dan page yang berisi ribuan like dari web kita dan juga mereka ini akan menjadi pengunjung setia blog kita setiap kali ada hasil update konten selanjutnya. Jelas web sosmed lebih unggul jauh walau cara kerja dua jenis web tersebut agak sedikit menyerupai dalam mendatangkan pengunjung blog.

Dengan tergesernya popularitas web directory di mata para blogger, maka sudah semestinya sistem web sosial media kini mengambil alih fungsinya. Karena selain lebih bernuansa modern juga jauh lebih efektif dan efisien dalam mendatangkan pengunjung website tambahan. Selain itu bagi teman yang tidak suka menunggu lama, maka bisa memakai layanan facebook ads. Di facebook ads teman bisa melaksanakan penargetan pengunjung secara spesifik, sehingga trafik yang dihasilkan lebih berkualitas. Jika teman ialah seorang blogger yang berjualan online, ada bagusnya untuk mencoba iklan layanan facebook ini.

Apa kekerabatan iklan facebook dengan SEO blog? Tentu hubungannya erat sekali, mengingat algoritma google kini ialah algoritma yang fokus pada kualitas konten dan tingkat ketenaran konten di situs media umum menyerupai Google plus, twitter, facebook, dll. Artinya teman bisa memakai facebook ads untuk mendongkrak pengunjung ke blog. Jika navigasi blog teman bagus, maka tidak menutup kemungkinan para pengunjung dari hasil facebook ads akan mengunjungi artikel lainnya yang ada di blog sobat, kemudian ketika mereka melaksanakan share atau like, kemungkinan untuk mempunyai konten viral dan kebanjiran pengunjung banyak semakin besar. Tentu dengan catatan teman harus mempunyai konten yang berkualitas pula di blog sobat. Bagaimana sobat, sudah paham kan kenapa web directory sudah tidak efektif lagi untuk SEO zaman sekarang?


Penggunaan meta tag

Teknik selanjutnya yang dianggap sudah lama ialah teknik penggunaan meta tag. Saya dulu merupakan salah satu blogger yang sangat mempercayai teknik ini, dan memang tidak ada salahnya, sebagian besar blogger merekomendasikan untuk memakai teknik ini biar blog SEO friendly dan bisa mendatangkan banyak pengunjung yang katanya bisa membludak. Sampai-sampai saya menciptakan tutorial khusus cara memasang meta tag blogger alasannya ialah dikala itu (tahun 2012-an) teknik ini sangat populer hingga banyak blogger yang membahas dan juga saling berdiskusi perihal tool / alat untuk menganalisa kualitas meta-tag di blog mereka.

Setidaknya saya dulu merasa kondusif di dada dikarenakan blog saya ialah salah satu blog yang sudah mempunyai skor meta tag dengan rata-rata di atas 95%. Namun sekitar tahun 2013 awal saya mulai bertanya-tanya, apa benar meta tag ini berfungsi menyerupai yang digaungkan oleh kebanyakan blogger (bahkan saya sendiri ikut-ikutan)? Pasalnya setelah saya melihat statistik blog saya ke belakang (saat itu saya masih memakai sitemeter selain google analytics), kelihatannya sama saja, tidak ada perubahan signifikan; baik itu sebelum memakai meta tag atau sesudahnya. Sampai hasilnya setelah saya keliling-keliling di lembaga google help, zonk!!! Saya jadi merasa aib sendiri, ternyata trik itu sudah tidak relefan lagi dengan algoritma google terbaru.

Sampai pada hasilnya di update-an terbaru, Blogspot meluncurkan fitur search description post yang membantu para blogger bisa memasang auto meta tag di setiap post nya tanpa harus masuk ke halaman edit html blogger.

Catatan:
Jika teman perhatikan di halaman edit html teman pada bab tag html head sekarang, maka teman akan menemukan dua deret kode, yaitu; meta tag description dan keywords yang sudah dibuat secara otomatis oleh sistem blogspot terbaru. Berikut penampakan dua isyarat yang saya maksud..
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/>

Semuanya sudah serba otomatis, dan sudah tidak perlu lagi untuk melaksanakan pengaturan manual menyerupai dahulu kala.


Pengaturan tag heading h1 h2 h3 hingga h6 yang terlalu muluk

Saya gres benar-benar mengamalkan pengaturan tag heading h1 hingga h6 pada tahun 2015 awal setelah saya pernah membacanya pada tahun 2012, dan jujur saja yang paling sering saya gunakan hanya lah h1 hingga h3. Alasannya masuk akal, tag heading bertujuan untuk memberi tahu search engine, bab mana saja yang harus diprioritaskan untuk di-index terlebih dahulu. Makara ketika kita menunjukan tag heading h1 pada suatu bab / teks, itu artinya itu lah bab yang kita beri tahu ke search engine menyerupai google maupun bing untuk diprioritaskan terlebih dahulu. Atas dasar ini saya terus mengkhawatirkan jikalau di template saya ada kesalahan heading yang akan berimbas ke posisi saya di google, maka saya akan merasa sangat rugi. Setelah saya benar-benar memahami cara penggunaannya saya pun bahagia dan menciptakan goresan pena yang menyinggung soal pengaturan tag heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di blogspot tersebut.

Dikarenakan saya sudah tahu bahwa dalam suatu halaman website maupun blog wajib ada h1 dan sebaiknya hanya ada satu, sedangkan untuk h2 boleh hingga delapan, untuk h yang lainnya bebas, saya pun mulai sangat selektif dalam menentukan template blogspot premium (saya lebih suka template premium dibanding yang gratisan, sudah itu mengingat sulitnya bikin template, maka harga template blog premium dari para blogger Indonesia termasuk sangat murah). Saya cek dulu bagaimana posisi headingnya, apakah sudah sempurna atau belum. Namun perilaku saya yang terlalu selektif tersebut terpecahkan oleh fakta yang mencengangkan, yaitu ketika saya membaca diskusi jumlah h1 dalam satu halaman yang dibuka oleh seorang blogger India di lembaga google help. Ternyata memang boleh-boleh saja mempunyai lebih dari satu h1 dalam satu halaman, yang dilarang ialah "tidak memilikinya sama sekali". Tanya kenapa? Karena dalam beberapa pembahasan tag heading disampaikan oleh google di blogger help menyatakan "h1 sebaiknya berjumlah satu, namun tidak berarti dilarang lebih dari satu, ini akan tetap cantik dan tidak masalah". Nah lho? Tentu dilema heading menyerupai ini menjadi tidak terlalu dipermasalahkan dikarenakan google kini lebih fokus ke konten blog. Dengan kata lain, penggunaan heading selain h1 kini sudah tidak terlalu dipermasalahkan selama dalam satu halaman teman mempunyai satu H1. Selanjutnya teman bebas bereksperimen memakai h2 hingga h6, yang terperinci tidak akan ada insiden dilema peng-index-an yang serius hanya alasannya ialah gara-gara teman salah memakai h2 hingga h6 tersebut. Untuk memantapkan hati, teman bisa pribadi mendengarkan balasan dari seorang Google software engineer, Matt Cutts di video berikut ini:


Pengaturan robot txt

Dulu sebelum adanya saran mobile-friendly untuk template blog blogspot atau website lainnya, mungkin teknik pengaturan robot txt ini bisa berguna, apalagi buat teman yang benar-benar memahami cara kerja robot txt search engine ini. Namun semenjak google menyarankan untuk memakai template mobile friendly untuk sebuah blog, maka pengaturan robot txt ini sudah dianggap teknik usang. Dikarenakan kini orang-orang banyak yang surfing informasi maupun info memakai gadget (hp), siap-siap rugi kalau teman tidak memakai template responsive yang mobile friendly.

Jika teman ialah seorang blogger yang memakai template mobile friendly untuk blognya, maka ulasan yang satu ini bisa teman abaikan. Oh iya, teman memakai template responsive? Jangan lupa untuk menonaktifkan mobile version bawaan blogspot, hal ini biar fungsi template responsive yang dipakai bisa berfungsi semaksimal mungkin dan teman tidak akan kehilangan jumlah tampilan iklan yang dipasang di blog teman menyerupai google adsense atau iklan lainnya.

Sekian saja dulu goresan pena saya perihal bagaimana cara kerja seo modern dan google terbaru. Tulisan ini murni bertujuan untuk membantu teman dalam memahami search engine optimization terbaru dan biar teman tidak terjebak dalam pemahaman sistem SEO lama. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.

Tags: teknik seo terbaru, apa itu cara kerja seo, solusi otomatis seo mudah, seo kini dan yang dulu, trik tips seo ampuh killer

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact