Apakah Artikel Dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus? | TABLOID PULSA News

Breaking

Sabtu, 01 Juni 2019

Apakah Artikel Dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus?

Apakah Artikel Dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus?

Apakah Artikel dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus? Postingan kali ini saya buat dengan tujuan menanggapi pertanyaan seorang sobat blogger saya via email "bal, artikel dengan judul clickbait itu elok nggak?", ya pertanyaan yang umum sekali, lantaran sobat saya tidak mempertanyakan elok dari sisi apanya. Oke, sebelum kita membicarakan lebih jauh ihwal tema ini, ada baiknya saya sedikit menjelaskan kepada sobat yang belum tahu apa itu judul yang clickbait. Kita fokus ke kata "clickbait" nya, yaitu berarasal dari dua kata bahasa Inggris; click dan bait. click adalak ngeklik itu sendiri sedangkan bait ialah mata pancing atau umpan. Kaprikornus judul artikel yang clickbait mempunyai makna yaitu judul artikel yang memancing para pengguna internet untuk mengkliknya sehingga mereka menjadi visitor dari web atau blog yang ditargetkan. Biasanya judul yang clickbait ini sangat provokatif sekali, bombastis, dan benar-benar menggiurkan untuk diklik dikarenakan sulit ditebak apa isinya. Bagaimana tidak menggiurkan? biasanya kata-kata yang dipakai benar-benar membangkitkan rasa keingintahuan para calon pengunjung dan rasanya akan menyesal kalau tidak mengkliknya, belum lagi ternyata didukung oleh media ibarat gambar yang menarik dan tentunya sangat mendukung judul yang menggiurkan tersebut. Dikarenakan teknik tersebut kini menjadi ekspresi dominan untuk menciptakan blog dibanjiri oleh banyak pengunjung, maka tidak berarti teknik tersebut selalu dipandang positif oleh kebanyakan visitor blog. Atau setidaknya teknik tersebut mempunyai sisi positif dan negatif yang harus sobat ketahui dan pertimbangkan sebelum menerapkan trik ini di blog sobat.

Apakah Artikel dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus Apakah Artikel dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus?


Sesuai dengan judul post kali ini, melalui postingan ini saya akan sedikit mengulas sisi positif dan negatif dari penggunaan judul artikel post yang clickbait. Semua yang ada di dunia ini tidak ada yang mutlak hanya mempunyai sisi positif semata, begitu pula dengan teknik yang dikenal dengan sebutan click-bait ini. Maka dari itu, saya akan berusaha memaparkan sebanyak mungkin info yang berkaitan dengan cara yang sedang gencar dilakukan oleh kebanyakan blogger masa kini. Munculnya trik ini tidak lain dikarenakan kini ialah eranya sosial media. Banyaknya orang yang berkumpul di situs-situs web sosial media ibarat facebook, twitter, dsb tidak dibiarkan sia-sia begitu saja oleh para blogger dan webmaster yang kreatif, mereka terus mencari pandangan gres untuk mengubah derasnya jumlah pengguna sosmed menjadi profit dengan salah satunya mengubah mereka menjadi visitor atau pengunjung website atau blog tertentu.

Tujuan saya menciptakan goresan pena ini yaitu selain menjadi balasan untuk pertanyaan sobat saya itu tadi, juga bertujuan untuk membagikan info mengenai pembuatan judul artikel yang clickbait sebagai salah satu metode untuk mendatangkan pengunjung blog dari situs-situs web sosial media maupun search engine. Dengan membaca goresan pena saya ini saya berharap sobat semua akan mempunyai pemandangan dan pemahaman yang baik ihwal teknik ini. Ingat baik-baik, setiap teknik bahkan yang berkaitan dengan SEO sekali pun mempunyai kekurangan dan kelebihan yang juga dikuti oleh sisi positif dan negatif dari penerapan teknik tersebut. Apapun akan menjadi negatif kalau dipakai dengan kurang bijak atau tidak proporsional, namun akan menjadi positif tatkala sobat pandai memakai apa saja di tempatnya dan sesuai kebutuhan.

Contoh Judul Artikel Post Yang Clickbait

Seperti yang telah saya katakan pada paragraf awal bahwa suatu judul post akan dikatakan clickbait kalau mengandung beberapa ciri, di antaranya; provokatif, bombastis, dan unpredictable (tidak bisa ditebak sehingga menjadikan rasa ingin tau yang mendalam). Jika dilihat dari ciri-ciri yang telah saya sebutkan sobat sudah bisa membayangkan ibarat apakah bentuk judulnya, maka itu bagus. Untuk melengkapi, saya sertakan gambar yang berisi teladan judul yang clickbait berikut ini.

Apakah Artikel dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus Apakah Artikel dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus?


Bagaimana sobat, sudah tahu kan bentuk judul yang clickbait itu ibarat apa?

Sejujurnya, saya eksklusif memandang penggunaan judul clickbait dalam suatu artikel post merupakan salah satu upaya atau metode untuk meningkatkan popularitas konten info yang ada di blog kita dan merupakan bukan suatu teknik yang illegal dalam acara blogging asal kita menggunakannya dengan baik dan bijak. Pernah dengar istilah konten viral? Ya, konten viral ialah konten yang dibagikan (share) oleh banyak pengguna akun sosial media hingga hampir semua pengguna yang ada di lokasi tertentu benar-benar mengetahui konten info tersebut. Tahukah sobat, bahwa lahirnya konten viral itu tidak semata-mata dikarenakan judul yang menggoda, akan tetapi juga dikarekan isi dan judul konten tersebut benar-benar sesuai dan tidak menciptakan para pengunjung / pembaca merasa kecewa dikarenakan telah mengkliknya, yang ada justru tertarik untuk membagikannya ke status mereka dengan bahagia hati dan proses menuju viral pun dimulai dari sini.

Sisi positif dan negatif penggunaan judul yang clickbait

Positif

  1. Memungkinkan sanggup banyak klik yang artinya akan mendapat banyak pengunjung.
  2. Mendongkrak popularitas web atau blog sobat.
  3. Menambah jumlah like facebook, twitter, hingga instagram yang berada di widget blog sobat.
  4. Memungkinkan penghasilan dari iklan (baik iklan eksklusif maupun iklan yang memakai pihak ketiga ibarat adsense).

Negatif

  1. Walau banyak mendapat klik, namun besar kemungkinan para pengunjung hanya sebentar di blog sobat yang pada jadinya menciptakan bounce-rate blog semakin membengkak dan tentu ini sangat besar lengan berkuasa pada kualitas peng-index-an blog sobat di serp search engine ibarat google.
  2. Blog sobat memang akan menjadi terkenal namun dalam arti yang negatif, dan justru mempunyai kemungkinan untuk tidak dikunjungi lagi oleh para pengguna sosmed di lain waktu. Kebanyakan dari mereka sudah hafal dengan page facebook dan url blog milik sobat.
  3. Jumlah unlike page facebook dan unlike twitter terus meningkat.
  4. Kemungkinan sobat memperoleh penghasilan pelengkap dan terus meningkat memang ada, kalau sobat memakai iklan eksklusif maka itu baik-baik saja. Namun kalau sobat memakai iklan pihak ketiga ibarat google adsense, maka besar kemungkinan akan menghasilkan banyak invalid click. Invalid click yang diperoleh disebabkan oleh banyak hal, di antaranya dikarenakan banyak pengunjung blog yang tiba dari situs sosmed (sosial media) yang mengunjungi artikel sobat kemudian mengklik iklan, akan tetapi mereka buru-buru meninggalkan blog sobat sebelum selesai membaca konten info hingga akhir. Invalid click ini juga akan membatalkan jumlah penghasilan sobat yang sudah masuk dalam kategori estimated earning (saldo perkiraan) hingga hanya beberapa penghasilan saja yang dihitung sah.


Sisi negatif pada poin pertama hingga ketiga akan benar-benar terjadi dikarenakan sobat tidak memakai teknik clickbait dengan sempurna dan baik. Sobat terlalu fokus pada pembentukan judul post yang menarik hati namun isi post yang ada tidak mengikuti judul. Tentu yang terjadi ialah adanya rasa kecewa dari para pengunjung blog sobat, sehingga mereka benar-benar mengingat dengat baik ciri khas konten dan judul bahkan url blog sobat semoga mereka tidak terjebak di lain waktu. Jujur saja sobat, kalau hal ini benar-benar terjadi, itu sangat jelek sekali untuk masa depan blog kita. Dan sisi negatif yang berada di poin keempat dikarenakan sobat hanya mengandalkan trafik / pengunjung blog yang berasal dari situs web sosmed ibarat facebook, ingatlah sobat... kalau konten yang sobat sediakan kurang menarik, maka mereka akan buru-buru meninggalkan blog sobat dalam hitungan detik.

Solusi mengatasi sisi negatif penggunaan judul clickbait

Solusi untuk poin nomor satu hingga tiga tentu saja semoga sobat menciptakan judul dan konten benar-benar saling sesuai satu sama lain. Dengan penggunaan judul yang clickbait ini sobat berusaha untuk memberi tahu kepada para pembaca bahwa sobat mempunyai konten yang elok dan berkualitas, sangat rugi kalau tidak dibaca, dikala para pengunjung melihat judul yang dipakai oleh sobat sangat provokatif maka mereka akan memahaminya sebagai suatu tindakan yang profesional dan sangat pantas dilakukan mengingat isi post yang disajikan benar-benar mengobati rasa ingin tau dan memang dikarenakan tulisan yang ada di post lezat untuk dibaca. Sobat boleh menentukan gambar tertentu sebagai penguat judul, namun jangan hingga lupa untuk menghadirkan konten atau isi yang keuntungannya sehabis dibaca sama sekali tidak kalah dengan judul yang menciptakan mereka terpengaruhi untuk mengkliknya. Jika sobat benar-benar menerapkan tips tersebut, maka tinggal tunggu saja tanggal mainnya, para pengunjung akan bahagia hati berlama-lama di blog sobat serta blog dan konten sobat akan menjadi viral di sosmed!

Solusi untuk poin nomor empat. Usahakan semoga sumber trafik pengunjung blog sobat tidak semata-mata berasal dari situs-situs web sosmed ibarat facebook, twitter, dan google plus. Artinya sobat harus mengusahakan semoga blog sobat juga menghasilkan trafik dari situs mesin pencarian ibarat google search, bing, maupun yahoo yang persentasenya tidak kalah banyak dengan trafik yang dihasilkan dari situs-situs somed. Dengan begitu, jumlah invalid click bisa dikurangi yang artinya penghasilan higienis sobat akan semakin meningkat. Untuk menghasilkan banyak pengunjung dari google dan kawan-kawannya tidak perlu banyak trik dan tips, sobat hanya perlu terus update konten yang bermanfaat dan jangan lupa untuk submit url atau link blog sobat ke layanan add url milik mereka. Untuk submit url ke google, silahkan untuk mengunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url dan untuk submit url ke bing, silahkan untuk mengunjungi http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url di browser sobat.

Kesimpulan:
Penggunaan teknik clickbait di dalam judul post artikel sangat elok untuk mendatangkan banyak pengunjung blog dan juga bisa meningkatkan popularitas blog dan konten yang ada di dalamnya, selain itu juga bisa meningkatkan jumlah penghasilan sobat dari layanan iklan yang ada. Tentu hal itu akan benar-benar bisa terwujud kalau sobat menerapkan tips-tips sederhana yang telah saya sampaikan di goresan pena saya di atas.

Mungkin sekian saja dulu ulasan saya mengenai penggunaan clickbait dalam menghasilkan banyak visitor di blog. Semoga goresan pena ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung kemari.

Tags: Artikel judul clickbait, apa itu judul clickbait dalam artikel, cara memakai teknik clickbait yang baik, menghasilkan trafik pengunjung blog dengan clickbait.

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact